Pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tahun 2019

images

Cibinong, STIT SIFA - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral.

Pada kegiatan Pembekalan KKM kali ini (13/07/19), Ketua STIT Sirojul Falah Bogor, Hj. Darlina Kartika Rini, M.Si memberikan pengarahan terhadap peserta KKM yang berjumlah 36 mahasiswa di gedung STIT Sirojul Falah Bogor Lt.2, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa "KKM adalah salah satu kegiatan yang tercakup dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, Pendidikan & Pengajaran, Penelitian & Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat" ujarnya.

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan kegiatan pengabdian masyarakan yang termasuk dalam mata kuliah wajib program studi Pendidikan Agama Islam (PAI ) di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Sirojul Falah Bogor. Mahasiswa dituntut untuk terjun langsung kemasyarakat, membaur dengan masyarakat, hidup bersama masyarakat serta membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Tahun ini KKM STIT SIFA 2019 diikuti oleh mahasiswa STIT SIFA semester tujuh dari program studi PAI. "KKM adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bekal mahasiswa harus selalu mengembangkan karakter baik, meliputi Disiplin dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan, Membangun semangat dan tidak banyak mengeluh, dan Selalu berfikir positif dalam menyelesaikan masalah.

Dalam KKM, mahasiswa didorong untuk mengadakan kegiatan di luar bidang studi dan mahasiswa dapat melakukan studi lintas disiplin ilmu dengan teman maupun melakukan diskusi, bertukar pikiran serta pengalaman baik dengan teman maupun masyarakat tempat lokasi KKM, yang hasilnya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, yakni  mahasiswa, pemerintah dan masyarakat.

Ibu Ketua STIT Sirojul Falah Bogor juga berpesan kepada para mahasiswa peserta KKM yang berada dalam ruangan "adapun kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan pada KKM hendaknya, 1. Selalu mengembangkan tradisi, budaya dan kearifan lokal daerah setempat untuk meningkatkan ketahanan terhadap efek buruk budaya luar, 2. Mengembangkan potensi dan kemampuan sebagai pendidik PAI, 3. Mengembangkan kompetensi dan kreatifitas, dan 4. Menggali kemandirian menuju kesejahteraan masyarakat" tutupnya.

Pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa kali ini bertemakan “Pengabdi, Pengajar, Perubah” dihadiri oleh Hj. Darlina Kartika Rini, M.Si (Ketua STIT Sirojul Falah Bogor), Dr. Edy, M.Pd.I (Puket I), Kaimudin, M.Si (Puket II), Usep Awalani (Puket III), Supriyatin, M.Ag (Ketua Prodi PAI), Ahmad Sofyan (Baak sekaligus Ketua Panitia KKM).

By admin| 13 Juli 2019| berita |